Jumat, 29 Oktober 2010

IBD


ILMU BUDAYA DASAR


  1. Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Dalam konteks keseharian, definisi ilmu budaya dasar adalah jalan atau arah dalam memikirkan, bertindak, dan selanjutnya berbagi mengenai pemikiran tersebut kepada orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.

  1. Latar belakang ilmu budaya dasar

Telah di perkenalkan pertama kali di Indonesia yaitu sebagai pengganti dari istilah basic humanitism, yang berasal dari istilah bahasa inggris “ the humanities “, yang berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia, berkebudayaan dan lembut.
Dengan mempelajari the humanities diharapkan seseorang dapat  menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih lembut.
Karena itu, dapat dikatakan bahwa  the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia yang berbudaya.
Supaya manusia menjadi humanus, maka harus mempelajari dan memahami ilmu the humanities, namun tetap tidak meninggalkan tugasnya sebagai manusia itu sendiri. 
Ilmu budaya dasar sangat berbeda dengan ilmu pengetahuan lainnya, karena ilmu budaya dasar ini lebih menekankan pada lingkungan sosial dan bagaimana  berinteraksi dengan sesama manusia agar tercipta keadaan atau lingkungan yang harmonis dan selaras. 
Selain itu, ilmu budaya dasar lebih sebagai ilmu pengetahuan yanga mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk budaya.

      3. Tujuan Ilmu Budaya Dasar
  1. Mengenal lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih dikenal luarnya saja
  2. Mengenal perilaku diri sendiri maupun orang lain
  3. Sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup
  4. Perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia serta mau tahu perilaku manusia
  5. Tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebih peka terhadap masalah-masalah pemikiran perasaan serta perilaku manusia dan ketentuan yang diciptakannya
  6. Memiliki penglihatan yang jelas pemikiran serta yang mendasar serta mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita yang luhur nilainya
  7. Sebagai calon pemimpin bangsa serta ahli dalam disiplin ilmu tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan kekotaan sebagai disiplin ilmu yang kaku
  8. Sebagai jembatan para saran yang berbeda keahliannya lebih mampu berdialog dan lancar dalam berkomunikasi dalam memperlancar pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun serta mampu memenuhi tuntutan perguruan tinggi khususnya Dharma pendidikan
  1. Imu budaya dasar merupakan pengetahuan tentang perilaku dasar-dasar dari manusia

Unsur-unsur kebudayaan
1.      system religi/kepercayaan
2.      system organisasi kemasyarakatan
3.      ilmu pengetahuan
4.      bahasa dan kesenian
5.      mata pencaharian hidup
6.      peralatan dan teknologi

sifat kebudayaan

1.      etnosentris
2.      universal
3.      akulturasi
4.      adiptif
5.      dinamis
6.      integrative

aspek-aspek kebudayaan

1.      kesenian
2.      bahasa
3.      adat istiadat
4.      budaya daerah
5.      budaya nasional






Tidak ada komentar:

Posting Komentar